UNIVERSITAS GUNADARMA
Teori organisasi umum 2
Disusun oleh :
Nama : Ratnawati Inesia Pratiwi
NPM : 17113319
Tugas minggu ke-tiga
Carilah
karakteristik atau ciri-ciri dari masing-masing pasar (berserta contoh
produk/industri) !!
A. Persaingan Pasar Sempurna
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri dimana ada banyak penjual dan pembeli,dan setiap penjual atau pun
pembeli tidak dapat mempengaruhi pasar.
I. Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna antara lain :
1.
Perusahaan adalah price taker
Price
taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar
tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan
di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang
berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan
keseluruhan penjual.
2.
Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya
perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini
dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan
kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang
diinginkannya.
3.
Menghasilkan barang homogen
Maksudnya
adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang
dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang
ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan
manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
4.
Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam
pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat
banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama
mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan
perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa
menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
B. Pasar Monopoli
Ada
beberapa ciri dan sifat dasar pasar monopoli. Ciri utama pasar ini adalah
adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat
banyak. Ciri lainnya adalah tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki
persamaan dengan produk monopolis; dan adanya hambatan yang besar untuk dapat
masuk ke dalam pasar.
Hambatan
itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan
yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan
berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan
dengan beberapa cara; salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga
serendah mungkin.
Dengan
menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan
kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut
tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan
pasar, image produk, dan harga murah, sehingga lama kelamaan perusahaan
tersebut akan mati dengan sendirinya.
Cara
lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif
pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa
kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis
sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di
pasar.
C. Pasar monopolistis (Monopolistik)
Monopolistik,
ciri-cirinya:
1.
mirip dengan pasar persaingan sempurna.
2.
produsen/penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga.
3.
relatif murah keluar masuk pasar. contohnya:snack,nasi
goreng,pulpen,buku,pensil.
D. Pasar Oligopoli
Adalah
pasar yang antara perusahaannya terdapat ketergantungan. Sehingga masing-masing
perusahaan tidak dapat mengubah harga seenaknya. Dapat diartikan juga yaitu
keadaan dimana pasar hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing
dengan jumlah pembeli yang banyak. Contohnya adalah pasar mobil, motor, dan
pembuatan pesawat terbang.
a.
Ciri-ciri pasar oligopoli.
–
Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar.
–
Jenis produk ada yang terdeferensiasi dan ada yang tidak.
–
Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli karena investasinya
yang tinggi.
–
Persaingan melalui iklan sangat kuat.
b.
Kelebihan pasar oligopoli.
–
Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan biaya investasi yang besar.
–
Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam
tingkat tertentu.
– Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan.
– Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan.
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar